Tips Membeli Motor Bekas Agar Tidak Tertipu

Tips Membeli Motor Bekas Agar Tidak Tertipu

Tingginya harga motor baru menyebabkan sebagian orang dengan keterbatasan dana memilih untuk membeli motor bekas. Apalagi belakangan ini penjualan motor bekas semakin marak. Sayang, maraknya penjualan motor bekas juga menimbulkan keraguan terhadap kualitas motor bekas tersebut. Agar tidak tertipu, perhatikan tips membeli motor bekas berikut.

1. Mengetahui harga pasaran

Sebelum mencari motor bekas, pastikan Anda sudah mengetahui harga motor bekas di pasaran. Anda bisa memeriksanya di koran, majalah, ataupun situs jual beli.

2. Memeriksa kelengkapan motor

Pastikan nomor rangka dan nomor mesin motor sesuai dengan nomor yang tertera di STNK dan BPKP. Sekalipun sama, pastikan lagi nomor rangka dan nomor mesin adalah asli, bukan ketokan kasar. Karena biasanya penadah motor curian mengetok nomor rangka dan nomor mesin motor agar berubah.

3. Memeriksa kondisi fisik motor

Tips membeli motor bekas berikutnya adalah dengan memeriksa kondisi fisik motor. Untuk kondisi bodi, baut, dan spion, pastikan semua bagian lengkap, tidak retak, dan masih asli. Untuk speedometer, jika jumlah km > 20.000, artinya Anda harus mengganti banyak komponen mesin, yang tentu membutuhkan biaya yang banyak. Untuk mesin motor, pastikan tidak ada bunyi-bunyi kasar dalam mesin. Selanjutnya perhatikan apakah perpindahan gigi terasa mudah atau sulit. Jika terasa sulit, artinya kampas kopling akan habis.

Perhatikan juga kondisi kebocoran, kondisi kelistrikan, dan kondisi roda motor. Untuk kondisi kebocoran, setelah menjalankan motor sekitar 500 meter, periksa apakah ada oli ataupun air yang menetes di sela-sela mesin. Periksa juga kondisi listrik motor dengan memastikan  lampu depan, lampu sein, lampu speedometer, lampu rem belakang, klakson, dan starter motor berfungsi dengan baik. Terakhir, periksa bagaimana kelurusan roda depan dan belakang untuk meyakinkan bahwa chasis motor tidak membengkok. Karena biasanya benturan keras bisa menyebabkan chasis menjadi bengkok.

4. Mencoba Test Ride

Mintalah pada penjual untuk mengizinkan Anda mencoba mengendarai motor itu. Dengan begitu, Anda bisa merasakan apakah motor bekas tersebut dalam kondisi baik atau tidak.

Itulah 4 tips membeli motor bekas. Pastikan harga yang ditawarkan penjual sesuai dengan kondisi motor yang dijual. Semoga membantu!

1 Comment

Tinggalkan Balasan