Cara Agar Tidak Hamil dengan Memilih Waktu yang Tepat Berhubungan Intim

Cara Agar Tidak Hamil dengan Memilih Waktu yang Tepat Berhubungan Intim

Beberapa pasangan mungkin ada yang ingin menunda kehamilan karena ada beberapa hal yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Perlu diketahui bahwa menunda kehamilan bukan berarti Anda tidak boleh melakukan hubungan intim sama sekali. Berikut cara agar tidak hamil dengan memilih waktu yang tepat ketika akan berhubungan intim dengan pasangan.

Pasca Menstruasi

Jika Anda dan pasangan termasuk orang yang tidak menyukai menggunakan alat kontrasepsi atau pengaman ketika berhubungan intim, maka Anda harus memastikan siklus haid atau menstruasi. Anda harus menghitung secara tepat kapan waktu dengan peluang kehamilan paling kecil ketika akan berhubungan intim.

Beberapa ahli berpendapat bahwa 1 atau 2 hari setelah menstruasi selesai merupakan masa dengan peluang untuk mendapatkan kehamilan yang paling rendah. Hal tersebut disebabkan karena belum adanya sel telur baru yang dilepas dalam tubuh Anda.

Sperma memang akan hidup dalam tubuh Anda hingga beberapa hari kemudian. Namun jika dalam rahim Anda belum ada sel telur yang dilepaskan maka sangat kecil kemungkinan Anda akan hamil.

Saat Masa Subur Gunakan Pengaman

Jika Anda memang harus melakukan hubungan suami istri di waktu subur maka gunakanlah pengaman seperti kondom. Kondom merupakan alat kontrasepsi yang mampu mencegah sperma masuk ke dalam uterus yang menyebabkan kehamilan. Cara ini memang lebih efektif dibandingkan dengan menghitung kalender menstruasi.

Kondom terbuat dari lateks dengan tingkat keefektivitas kondom laki-laki dalam mencegah kehamilan antara 80 hingga 98 persen. Ada juga kondom wanita yang berbentuk seperti mangkok dengan tekstur yang lentur dan tipis. Kondom wanita memiliki tingkat keefektivitas dalam mencegah kehamilan sekitar 80 persen.

Senggama Putus

Senggama terputus atau bahasa ilmiahnya adalah coitus interuptus. Hal ini merupakan salah satu cara kontrasepsi non hormonal dengan tingkat keberhasilan bergantung pada masing-masing orang. Coitus interuptus ini biasanya dilakukan oleh pasangan suami istri yang tidak menggunakan alat kontrasepsi apapun.

Alat Kontrasepsi Dalam Rahim atau AKDR

AKDR dalam dunia medis dikenal dengan istilah IUD atau intrauterine devices merupaka alat yang dipasang di dalam rahim Anda. Alat ini memiliki bentuk seperti huruf T dengan tingkat keefetivitas sebagai alat kontrasepsi dalam mencegah kehamilan sangat baik.

Cara agar tidak hamil menggunakan AKDR memiliki kelebihan dibandingkan alat kontrasepsi yang lainnya. Kelebihan AKDR adalah dapat Anda gunakan dalam jangka waktu yang bisa dibilang lam yaitu 5 hingga 10 tahun.

Mengandalkan Kontrasepsi Hormonal

Kontrasepsi hormonal yang biasa digunakan adalah suntik KB, implan, dan pil. Hormon yang dimasukkan ke dalam tubuh Anda adalah hormon sintesis yang mirip dnegan yang terdapat dalam tubuh Anda.

Itulah cara agar tidak hamil dengan memilih waktu yang tepat untuk berhubungan intim dengan pasangan. Kunjungi situs Orami di www.orami.co.id untuk mendapatkan informasi kesehatan lainnya.

Tinggalkan Balasan