Facebook saat ini telah menjadi icon jejaring sosial. Statistik menunjukkan bahwa Facebook memiliki ratusan juta pengguna aktif dan meruakan situs media sosial yang memiliki lalu lintas paling ramai di dunia. Banyaknya aktivitas di Facebook ini bisa menjadi lahan-tambang bagi siapa saja yang ingin mempromosikan blognya. Sekalipun tidak mungkin menajangkau keseluruhan ratusan juta pengguna aktif tersebut namun kita masih bisa mendapatkan ratusan trafik darinya dalam sehari, dengan catatan kita menggunakan layanan ini dengan tepat.

Lalu, bagaimana menggunakan Facebook untuk promosi blog? Well, hal pertama yang perlu diingat adalah bahwa Facebook merupakan sebuah jejaring sosial, jadi gunakanlah seperti itu. Maksud saya, jangan nyepam, dan aktiflah terlibat dalam komunitas. Kedua, memiliki jumlah teman yang banyak akan membantu dalam mempromosikan blog kita di berbagai lingkar sosial mereka, sehingga menghadirkan lebih banyak trafik.

Berikut beberapa cara yang dapat digunakan untuk mempromosikan blog lewat Facebook:

1. Profil Anda

Profil Anda kemungkinan adalah “area” Anda yang paling banyak dikunjungi di Facebook. Dengan demikian, sangat logis untuk memajang link blog Anda disana, seperti ini:

Jadi jika Anda belum mencatumkan alamat blog Anda di halaman profil, cantumkanlah sekarang (dengan mengedit privacy profil Anda). Ini juga penting untuk branding. Blog/website di profil Anda memberi kesan lebih profesional.

2. Update Status

Update-update status adalah bagian informasi yang memberikan info di Facebook apa yang sedang Anda lakukan. Karena semua teman Anda di Facebook melihat update status tersebut, maka update status sangat baik untuk memberi tahu teman Anda jika Anda tulisan baru atau ada sesuatu yang penting di blog Anda (seperti TwitterFeed untuk Twitter). Sehingga, orang-orang yang membaca status Anda bisa meluncur ke blog Anda.

3. Fan Page

Fan Page Facebook merupakan sarana yang sangat populer untuk membangun blog/website (khususnya jika blog berkaitan dengan sebuah produk) dan brand pribadi/perusahaan. Orang bisa menjadi fans (penggemar) dari Page blog yang Anda buat dan mereka dapat berpartisipasi dalam diskusi dll.

4. Applikasi (Networkedblogs)

Facebook memiliki ratusan aplikasi yang terkait dengan ngeblog yang mana bisa Anda tambahkan ke profil, untuk menampilkan konten terkini blog Anda. Salah satu dari aplikasi tersebut adalah Networkedblogs yang secara otomatis dapat menampilkan update terbaru blog di halaman profile dan fan page setiap kali ada tulisan baru. Dengan aplikasi ini Anda juga bisa mengajak orang untuk mengikut (follow) blog Anda, semakin banyak follower semakin tinggi keterjangkauan blog, semakin banyak trafik.

5. Menggabungkan Cara 2, 3, dan 4.

Metode yang saya gunakan sekarang adalah menggabungkan ketiga cara di atas (cara 2, 3, dan 4) karena memang saling mendukung. Pertama-tama kita membuat fan page untuk blog kita lalu kita mendaftarkan blog kita di Networkedblogs. Di aplikasi Networkedblogs ada opsi untuk menampilkan tulisan terbaru blog di halaman profile dan fan page. Jadi jika opsi ini dipilih, maka setiap kali ada tulisan baru di blog kita secara otomatis akan tampil sebagai “update status” (yang muncul di homepage semua teman Anda) dan sebagai “wall post” di fan page (yang muncul di homepage semua Fans blog Anda) sekaligus. Katakanlah kita memiliki 500an teman dan 300an fans blog, berarti setiap tulisan baru yang kita posting akan dilirik 800an orang di Facebook. Anggaplah 10 persen saja dari jumlah tersebut yang mengklik link tulisan kita, lumayan kan? :) Hebatnya lagi, tidak ada yang perlu dilakukan secara manual, cukup update blog dan Facebook akan menangani selebihnya.

Khusus untuk cara nomor 5 ini saya akan membuat postingan khusus tentang tutorialnya. Nantikan di posting selanjutnya. Bagaimana dengan Anda? Sudahkah Anda memanfaatkan Facebook untuk promosi blog? Atau ada cara yang lain? Mari berbagi disini. SJDYUKXMHV6B